Fitur Lanjut Microsoft Office [Word]


1.2.1 Fitur Lanjut Microsoft Word

A. Object Linking and Embeding
Object linking and embedding (OLE) is a Microsoft technology that facilitates the sharing of application data and objects written in different formats from multiple sources. Linking establishes a connection between two objects, and embedding facilitates application data insertion.
Object Linking and Embedding (disingkat menjadi OLE) adalah sebuah teknologi berorientasi objek yang berbasiskan teknologi Component Object Model (COM) yang menyediakan layanan kepada aplikasi untuk menciptakan dokumen-dokumen yang terdiri dari banyak objek, mulai dari gambar, suara, hingga dokumen lainnya.

Pada Ms Word, sebagaimana juga program-program Ms. Office lainnya, pengguna dapat menyisipkan sebagian atau keseluruhan file Ms Office lainnya (file Ms Word, Ms Excel, Ms Power Point, dsb.), disebut juga file sumber, ke dalam file Ms Office yang lain (file Ms Word, Ms Excel, Ms Power Point, dsb.), disebut juga file tujuan. Jika bagian file sumber yang disisipkan mengalami perubahan, maka perubahan tersebut juga akan tercermin pada file tujuan. Demikian pula sebaliknya. Jika pengguna mengubah bagian yang disisipkan tersebut dari file tujuan, maka otomatis Ms Office akan membuka file sumber dengan program aplikasi yang sesuai dan perubahan yang dilakukan pengguna akan dilakukan pada file sumber tersebut. Hal inilah yang disebut OLE (Object Linking and Embedding).

* sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Object_Linking_and_Embedding
https://www.techopedia.com/definition/4995/object-linking-and-embedding-ole
http://tipsmsword.blogspot.com/2012/07/object-linking-and-embedding.html


B. Table of Content

Table Of Contents atau daftar isi adalah elemen yang terpenting bagi pembaca untuk mencari informasi di dalam dokumen Anda. Ms Word bisa dengan mudah membuat daftar isi agar sejajar lengkap dengan nomor halamannya ataupun manual. Entry dalam daftar tersebut merupakan Hyperlink ke Heading. Ini artinya jika dokumen dibuka pada program Word, maka akan mudah untuk menuju secara langsung ke topik yang telah ditentukan. Kali ini penulis akan menuliskan langkah-langkah menggunakan tools membuat daftar ini otomatis dalam Ms. Word, berikut langkah-langkahnya:

Menyiapkan judul dan sub judul halaman, dilanjutkan melakukan setting pada judul. Pada langkah ini kita menggunakan tools heading pada menu "Home". Heading 1 (untuk judul bab), heading 2 (Untuk sub judul), heading 3 (untuk sub sub judul). langkah 1 arahkan kursor dan klik ke baris "bab" , langkah 2 arahkan kursor dan klik tools "heading 1", begitu seterusnya dari halaman 1 sampai halaman terakhir.

Video berikut menjelaskan tentang bagaimana membuat table of content di Ms Word, simaklah dengan baik.


* sumber :
http://www.panduanpraktis.com/2013/09/membuat-daftar-isi-table-of-contents-di-word.html
https://www.kompasiana.com/fitrimarisa/576937dff87e61a709ee13c5/tutorial-singkat-membuat-daftar-isi-otomatis-di-microsoft-word
https://www.youtube.com/watch?v=n8-Pd0_gq-0

C. Table of Reference

Pada dasarnya ini sama dengan membuat Daftar Isi. Bedanya, jika sebelum membuat Daftar Isi otomatis kita harus setting Bab dan Subbab menjadi Heading 1 dan Heading 2, di sini kita harus tambahkan Caption di tiap gambar atau tabel. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Pertama Anda harus menyediakan space kosong 1 halaman untuk Daftar Gambar atau Daftar Tabel yang akan dibuat. Biasanya, diletakkan setelah halaman Daftar Isi. Ketik saja "DAFTAR GAMBAR", untuk laporan/skripsi, jangan lupa untuk letakkan di tengah, dan setting menjadi Times New Roman 12 dan Heading 1.


Tambahkan baris baru dengan klik Enter. Setelah itu, pilih menu "References" di Tab Menu. Lalu pilih "Insert Table of Figures".


Lalu akan muncul kotak dialog menu Table of Figures. Langkah selanjutnya adalah pilih Label yang ingin Anda masukkan ke dalam Daftar Gambar, karena ada banyak label pastinya. Opsi tersebut ada di bawah kategori General dan Caption Label. Karena saya akan membuat Daftar Gambar, maka saya pilih Label "Gambar". Dan pastikan opsi "Include Label and Number dalam posisi checked atau tercentang.


Lalu klik OK. Dan Daftar Gambar pun secara otomatis ditambahkan lengkap dengan judul caption dan nomor halaman dimana gambar itu berada, tanpa harus mengetik manual. Secara default, Daftar Gambar otomatis tersebut tertulis dalam huruf Calibri ukuran 11. Sesuaikanlah dengan huruf yang Anda gunakan dalam laporan/skripsi Anda. Dalam hal ini, saya menggunakan Times New Roman 12.


D. Mail Merge

Mail merge merupakan salah satu fitur yang sangat bermanfaat di Microsoft Word. Dengan fitur Mail Merge ini, kita bisa dengan mudah membuat surat yang isinya sama tetapi ditujukan untuk banyak orang dan tempat yang berbeda-beda hanya dengan sekali kerja saja. Jadi, kita tidak perlu membuat dokumen sebanyak orang yang menerima surat tersebut. Kita hanya perlu membuat satu naskah surat saja yang nantinya bisa kita sisipkan data penerima yang jumlahnya banyak secara otomatis. Selain untuk surat, Mail Merge juga sering digunakan untuk membuat Sertifikat dan dokumen lain yang sifatnya masal. Dalam video berikut dijelaskan langkah-langkah dalam menggunakan fitur mail merge di Ms Word untuk keperluan membuat sertifikat, simaklah dengan baik.


*sumber :
https://www.youtube.com/watch?v=iHzncpaarNQ

Untuk materi selanjutnya mengenai fitur lanjut pada Ms Excel bisa klik link berikut:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel