Interaksi Hardware, Software dan Brainware [2]

B. Software


Menyambung materi sebelumnya mengenai Hardware, kali ini kita akan mempelajari materi selanjutnya mengenai Perangkat Lunak Komputer atau Software. Software adalah program komputer yang menjadi jembatan antara pengguna dengan perangkat keras. Ia juga dapat didefinisikan sebagai sebuah aplikasi yang tersusun dari sekumpulan kode-kode bahasa pemrograman.

Menurut sumber lain, software merupakan suatu data yang diprogram serta disimpan secara digital dan tidak berwujud, namun berada di dalam komputer. Ada pula yang menyebutkan bahwa software ialah kumpulan data-data elektronik berupa program atau instruksi yang disimpan dan dikelola oleh komputer.

Software sendiri dibuat oleh seorang programmer dengan bahasa pemrograman tertentu yang selanjutnya dikompilasi hingga menjadi sebuah kode yang dapat dikenali oleh hardware. Ia dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia, misalnya untuk menghitung, membuat dokumen, mengolah gambar dan lain-lain.

Fungsi dari perangkat lunak dapat dijabarkan sebagai berikut :
  1. Menyediakan fungsi dasar untuk kebutuhan-kebutuhan komputer yang yang dibagi lagi menjadi sistem operasi atau hanya sistem pendukung.
  2. Mengatur berbagai hardware agar dapat bekerja secara bersama-sama/simultan.
  3. Sebagai penghubung antara software yang lain dengan hardware yang ada pada komputer.
  4. Sebagai penerjemah software lain dalam instruksi ke dalam bahasa mesin sehingga dapat diterima oleh hardware.
  5. Sebagai pengidentifikasi suatu program yang ada pada sebuah komputer.
Berdasarkan jenisnya perangkat lunak atau software dapat dikelompokkan menjadi empat yaitu :
  • Bahasa pemrograman (programming language) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menerjemahkan intruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu. Contohnya : Java, VB, Perl, PHP, C++ dan lain-lain.
  • Sistem operasi (operating system) merupakan sebuah software komputer yang berfungsi untuk mengorganisir semua perangkat - perangkat yang terhubung dalam sistem komputer. Beberapa contoh dari sistem operasi adalah sistem operasi Windows, Linux, Unix, Mac OS, dan lain-lain.
  • Program aplikasi (application program) merupakan sebuah software komputer yang dibuat untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu, software ini hanya dapat berjalan diatas sistem operasi. Beberapa contoh dari program aplikasi diantaranya :
  1. Program pengolah kata / word processor ( Ms. Word, Word Perfect, Star Word )
  2. Program pengolah angka / spread sheet ( Ms. Exel, Quattro pro, Lotus )
  3. Program pengolah data ( Dbase, Ms. Access, Foxpro )
  4. Program pengolah gambar ( Adobe Photoshop, 3D Studio, Corel Draw )
  5. Program multimedia (VLC, GOM Player, KMPlayer)
  • Program bantu (utility) merupakan sebuah software yang berfungsi sebagai pembantu sistem operasi dalam mengkoordinir sebuah sistem komputer. Beberapa contoh dari software Utility diantaranya AntiVirus, PC Tools dan Driver.
Berdasarkan distribusinya perangkat lunak dapat digolongkan menjadi empat yaitu :

1. Shareware

Merupakan suatu perangkat lunak yang uji cobanya diberikan secara gratis tetapi dengan fitur yang terbatas seperti misalnya ketersediaan, fungsinya, serta kenyamanan yang sayangnya tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal. Perangkat lunak uji coba ini bertujuan untuk memperkenalkan perangkat lunak tersebut sebagai strategi marketing dalam pengembangan aplikasi shareware itu sendiri. Shareware ini sering disebut juga trialware.

2. Freeware

Yaitu sebuah perangkat lunak gratis yang bisa digunakan tanpa adanya batas waktu, pada umumnya freeware ini disumbangkan kepada beberapa komunitas, tetapi freeware juga memiliki hak pengembang dan pengontrol dalam pengembangan pada aplikasi selanjutnya. Namun jika aplikasi pengembang berhenti mengembangkan produk kepada freeware lain ataupun mengumumkan freeware tersebut agar dapat dikembangkan bersama-sama, maka freeware akan memberi kode sumbernya.

3. Free Software

Adalah jenis perangkat lunak yang dapat diutak atik dengan bebas dan dapat digunakan, disalin, diubah serta dimodifikasi dengan beberapa ketentuan yang dapat digunakan kembali oleh pengguna selanjutnya. Setiap orang yang menggunakan perangkat lunak ini secara bebas dapat mengkomersialkan serta mengambil keuntungan dari pendistribusian dan modifikasi kode sumbernya. Selain itu, software ini juga dapat disebarluaskan secara gratis. 

4. Software berbayar/ commercial software

Yaitu perangkat lunak yang digunakan untuk tujuan komersil yang dapat dibeli kepada para pengembang software, pendistribusi dan kepada rekan-rekan sesama pengembang software. Tetapi syaratnya, pengguna software ini tidak dapat menyebarluaskan software tersebut atau membagi ulang softwarenya kepada pihak lain secara gratis atau tanpa izin penerbitnya. Beberapa contoh commercial software adalah adobe photoshop, corel draw, microsoft visual NET, dan sebagainya. Commercial software tersebut sudah dlindungi oleh Undang-Undang hak cipta.

*sumber:
https://www.nesabamedia.com/pengertian-software/
https://jagad.id/definisi-pengertian-software-macam-jenis-fungsi-dan-contoh/
https://www.utopicomputers.com/apa-itu-software-ini-pengertian-dan-fungsinya-di-komputer/

Untuk materi selanjutnya tentang pengertian dan jenis-jenis pengguna bisa di klik melalui tautan berikut :


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel