Persoalan Saat Menggunakan Komputer

Penggunaan komputer yang hampir setiap hari membawa dampak negatif bagi penggunanya. Berikut merupakan beberapa keluhan fisik yang terjadi akibat seringnya penggunaan komputer.


1. Mata Lelah

Menatap layar komputer terlalu lama bisa menyebabkan mata lelah. Ada beberapa gejala umum yang dirasakan untuk kasus ini, di antaranya mata terasa panas. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, seperti menjaga jarak pandang mata ke komputer serta mengistirahatkan mata setiap 20 menit dan melihat pemandangan lain dalam jarak sekitar 6–10 meter selama 20 detik. 

2. Sakit Punggung 

Posisi duduk dengan menghadap komputer dalam waktu lama menjadi penyebab sakit punggung. Kondisi ini bisa menyebabkan peradangan pada sendi karena posisi menetap dalam jangka waktu lama. Bila sudah merasakan gejala ini sebaiknya segera atur posisi duduk yang benar dan baik untuk kesehatan tubuh. 

3. Sakit Leher 

Mata, punggung dan leher adalah sebuah kesatuan saling berhubungan saat melakukan aktivitas di depan layar komputer. Karenanya sakit leher pasti pernah dirasakan pengguna komputer akibat terlalu lama duduk memandangi monitor. Posisi yang sama dan lama bisa membuat otot dan syaraf menjadi tegang. 

4. Penglihatan Kabur 

Penglihatan menjadi kabur merupakan salah satu ciri mata lelah. Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya segera berpaling dari layar komputer. Pejamkan mata sesaat dan alihkan padangan ke arah lain selain monitor. Kompres mata dengan es batu yang sudah dilapisi kain untuk menyegarkan mata. 

5. Mata Berair 

Dampak lain yang dirasakan pengguna komputer adalah mata berair. Kondisi ini mengisyaratkan kelelahan pada mata akibat terlalu lama di depan layar komputer.Memakai kacamata antiradiasi bisa menjadi solusi untuk mata berair akibat bekerja di depan monitor. 

6. Pegal 

Seharian berada dalam posisi yang sama tentu membuat urat-urat tubuh menjadi tegang. Rasa pegal yang biasa dialami terjadi di bagian pinggang, lengan, jari, leher dan kaki. Untuk menyiasatinya, sesekali lakukan perenggangan tubuh di meja kerja untuk merileksasikan saraf atau otot yang tegang. 

7. Migrain

Migrain adalah istilah lain dari sakit kepala sebelah yang disebabkan karena kelelahan dan aktif menatap layar komputer. Rasa sakit yang ditimbulkan dari migrain ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman hingga tidak bisa beraktivitas seperti biasa. 

8. Mata Kering 

Dampak dari penggunaan komputer terlalu lama adalah mata kering. Hal ini diakibatkan karena frekuensi mengedip seseorang berkurang. Saat fokus mengerjakan pekerjaan dengan menatap layar komputer, frekuensi mengedip seseorang biasanya berkurang hingga setengah dari frekuensi normal. Gunakanlah obat tetes mata untuk mengatasi mata kering. 

9. Stres 

Siapa sangka dengan aktif menatap layar komputer bisa menyebabkan stres pada penggunanya? Biasanya kondisi ini ditandai dengan gejala pusing atau sakit kepala. Saat rasa stres mulai melanda, coba tenangkan pikiran dengan menyeduh cokelat panas atau minuman menyegarkan. 

10. Jari Sakit 

Terlalu sering menggunakan komputer juga bisa menyebabkan rasa sakit pada jari-jari tangan. Banyak hal atau banyak pekerjaan yang harus disalin ke dalam sebuah file, tentu memerlukan jari untuk mengetik. Sesekali istirahatkanlah jari dengan melakukan sedikit Peregangan. 

Penyakit Akibat Penggunaan Komputer 

1. Computer Vision Syndrome (CVS) 

Dari sebuah hasil penelitan yang dipublikasikan oleh The Journal of Epidemiology and Community Health, pengguna berat komputer memiliki kelainan penglihatan, termasuk di dalamnya Myopi dan Glaucoma. Penderita akan mengalami mata lelah, nyeri, penglihatan kabur, sakit kepala, dan sebagainya. 

2. Repetitive Strain Injury (RSI) 

Gangguan kesehatan ini ditimbulkan akibat penggunaan komputer dalam jangka panjang. Repetitive Strain Injury (RSI) terjadi karena gerakan fisik yang berulang-ulang menyebabkan kerusakan pada tendon, saraf, otot dan jaringan lainnya. 

3. Carpal Tunnel Syndrome (CTS) 

CTS yaitu sebuah gangguan yang terjadi pada pergelangan tangan karena sirkulasi darah tidak berjalan dengan benar. Hal ini menyebabkan banyak lemak yang menumpuk dan menyebab rasa sakit di sekitar pergelangan. 

4. Stres 

Penggunaan komputer dapat menimbulkan stres, seperti yang ditemukan NIOSH (The National Institute of Occupational Safety and Health ). NIOSH menemukan bahwa operator komputer memiliki tingkat stres lebih tinggi dibandingkan dengan pekerjaan lain. 

5. Batu ginjal 

Penyakit ini dapat menyerang bila seringkali duduk terlalu lama, sering menahan buang air kecil dan kurang mengkonsumsi air putih. 

6. Wasir atau ambeien 

Penyakit yang juga disebut sebagai sembelit ini dapat menyerang bila duduk terlalu lama dan tidak diimbangi dengan minum air putih, makan buah cukup, serta kurang bergerak. Kondisi sembelit terjadi apabila susah buang air besar meski perut terasa sudah penuh.

*sumber: 
https://lifestyle.sindonews.com/read/1300967/166/10-masalah-yang-sering-dialami-pengguna-komputer-1524725040

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel